Kamis, 09 Juni 2011

ANDROID

APA ITU ANDROID ?
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Android (Operating System) andalan google ini telah banyak memukau para pengguna smartphone dunia. Bahkan sebuah hasil riset yang di lakukan oleh CANALYS mengatakan bahwa Android kini menjadi platform mobile terpopuler di pasar ponsel pintar Amerika Serikat mengalahkan Blackberry dan Iphone.
Nama Android sendiri diambil dari bahasa Yunani, yang berarti “spesies atau menyerupai”. Dengan icon robot berwarna hijau, android menjadi ancaman baru bagi sistem operasi lainnya dan siap menghadapi persaingan dalam merebut pasar telepon seluler.

Sejarah Android
Kerjasama dengan Android Inc.
Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.


2007-2008: Produk awal
Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).
Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.


Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.


Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.


Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.
Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Pada tahun 2010 di luncurkan Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt) dengan 2 kali revisi, revisi pertama bulan mei 2010 dan revisi kedua bulan Juli 2010. Android 2.2 adalah rilis minor platform termasuk fitur pengguna, fitur pengembang, perubahan API, dan perbaikan bug. Berbagai macam perbaikan dan penambahan pada versi 2.2 ini.
Android 2.2 Froyo, Lebih Cepat! Lebih Lapang! Lebih Sempurna! Itulah yang pertama kali yang akan dikatakan oleh pengguna froyo. Android 2.2 OS Froyo ini memiliki banyak perkembangan dari generasi sebelumnya eclair. Yang menjadi hal awal penilaian Android Froyo adalah Performa dan kecepatan : Berbagai hasil uji telah menunjukkan Android 2.2 lebih cepat dan stabil.


Fitur Android
Fitur yang tersedia di Android adalah :
Kerangka aplikasi : itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
Dalvik mesin virtual : mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
Grafik : grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
SQLite : untuk penyimpanan data.
Mendukung media : audio, video, dan berbagai format gambar    (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR,    JPG, PNG, GIF) GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent) Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

Spesifikasi Android


Android versi 1.5 (CupCake)
·         Mempunyai kemampuan merekam dan menonton video melalui camcorder
·         Upload video ke youtube dan upload gambar ke picasa
·         Aplikasi baru soft-keyboard dengan fungsi text-prediction
·         Bluetooth A2DP dan AVRCP support
·  Mempunyai kemampuan untuk otomatis terhubung ke perangkat Bluetooth dengan jarak tertentu
·         Widgets baru dan folder dapat di kumpulkan di layar home
·         Perpindahan layar secara otomatis


Android versi 1.6 (Donut)
·         Peningkatan pada android market
·         Integrasi kamera, perekam video dan tampilan galeri.
·   Aplikasi galeri yang baru memungkinkan pengguna memilih banyak   foto untuk di hapus.
·  Aplikasi voice search yang di perbaharui menjadi lebih cepat merespon dan integrasi dengan aplikasi yang lain termasuk kemampuan mencari kontak
·      Aplikasi search yang di tingkatkan untuk bisa mencari bookmarks, history, kontak dan web dari layar home.
·   Peningkatan dukungan teknologi untuk CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs dan mesin text-to-speech
·         Mendukung resolusi layar WVGA
·         Speed improvements in searching and camera applications
·         Perbaikan kecepatan di aplikasi pencarian dan aplikasi kamera


Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
·         Optimalisasi kecepatan hardware
·         Mendukung lebih banyak ukuran layar dan resolusi layar
·         Revamped UI
·         User interface baru pada browser dan dukungan html 5
·         Daftar kontak baru
·         Rasio putih-hitam yang lebih baik untuk backgrounds
·         Peningkatan aplikasi Google Maps 3.1.2
·         Dukungan untuk Microsoft Exchange
·         Mendukung falsh untuk kamera
·         Digital Zoom
·         Peningkatan pada aplikasi virtual keyboard
·         Bluetooth 2.1
·         Live Wallpapers


 Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
·          Optimasi kecepatan dan performa Android OS
·         Integrasi chrome v8 jacascript ke dalam aplikasi browser
·         Peningkatan dukungan Microsoft Exchange (security policies, auto-discovery, GAL look-up, calendar synchronization, remote wipe)
·  Peningkatan aplikasi luncher dengan shortcuts menuju aplikasi phone dan browser
·         USB tethering dan WIFI hotspot functionality
·         Penambahan pilihan untuk menonaktifkan akses data jaringan mobile
·  Aplikasi android market yang telah di perbaharui dengan fitur update otomatis
· Quick switching between multiple keyboard languages and theri dictionaries
·         coive dialing dan berbagi kontak melalui Bluetooth
·         Mendukung file upload di aplikasi browser
·         Dukungan terhadap aplikasi Adobe Flash 10.1


Android Market
Di ibaratkan supermartket android market ini adalah tempat belanja online aplikasi – aplikasi android yang di bangun oleh google. Program aplikasi yang tersimpan di android market bisa di unduh/download melalui telephone selular berbasis android os atau dari browser computer yang sudah terhubung ke internet. Di android market menyediakan beberapa kategori aplikasi seperti aplikasi terbaru, top aplikasi berbayar dan top aplikasi gratis.

Android bagi komunitas sumber terbuka (open source)
Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.
Para penggemar open source kemudian membangun komunitas yang membangun dan berbagi Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu carrier-sanction firmware.


10 Aplikasi Paling keren di Android
Android saat ini sudah merajai pasar smartphone, bahkan Apple Iphone yang menjadi idola smartphone sudah turun tahta. Berikut ini  10 aplikasi paling keren di android yang dapat kita download di android market place,free.
1.
       Layar
Layar adalah Browser Augment reallity yang menggunakan Google maps sebagai                                     pondasinya. Jika anda bingung, saya akan beri contoh yang lebih mudah dipahami, Layar memanfaatkan GPS di HP anda, dengan aplikasi ini anda bisa menemukan Rumah makan terdekat di sekitar anda, photo di sekitar anda, Siapa yang sedang ngetweet di lokasi disekitar kamu, Video youtube apa yang diambil dari lokasi di tempatmu, Dimana lokasi Tower seluler Operator terdekat   ditempatmu, berapa jumlah penduduk di kota tempat kamu tinggal, artikel wikipedia tentang lokasi populer di tempatmu  dan banyak lagi,hebatnya , anda bisa langsung melihat lokasinya di Google Maps. sekarang sudah ada 1500 layer yang bisa anda pake dan coba di Layar. Slogan dari aplikasi ini adalah ” See what you can’t see“.
1.       Shazam

Aplikasi ini dapat mengetahui siapa penyanyi dan apa judul lagu dari lagu di radio yang sedang kita dengar. Cukup  buka aplikasi dan tekan  logo shazam dan biarkan Android mendengarkan potongan lagu sekitar 10 detik dan secara langsung akan muncul penyanyi dan judul lagu yang sedang kita dengarkan.

   Google Maps
Aplikasi ini tidak perlu anda download, karena secara default sudah ada di Android Anda. Fiturnya sangat banyak, namun fitur yang paling menarik adalah “My Location”, saat anda membuka maps dan menekan tombol “My Location” maka automagically posisi anda akan tampil di peta. Sangat bermanfaat ketika anda suka bepergian ke kota lain dan tersesat disana. fitur yang lain adalah ” Direction“, misal anda orang baru di Yogyakarta, dan posisinya sekarang di Bandara Adi Sucipto dan anda ingin menuju Jalan malioboro, cukup sentuh my Location dan get direction masukan “Jalan malioboro” dan sekali lagi magic happen, anda akan ditunjukan jalan kesana, beserta jarak serta perkiraan waktu tempuhnya . Fitur lain Integerasi Google Latitude, Wikipedia dan Google Buzz.

3. Compass
Compass adalah aplikasi pelengkap dari GoogleMaps, dengan kompas anda tidak akan bingung dimana posisi utara dan selatan, terutama jika kita suka bepergian dan anda bingung  saat  mau shalat ( beribadah ) tapi tidak tahu harus menghadap kemana?
4.     
        Google Goggles
Google googles adalah aplikasi Visual search dari Google, ketika anda melihat logo, gedung, foto, sampul buku, tulisan, QR Code dan gambar lainnya cukup buka Googgles dan ambil gambarnya, otomatis aplikasi ini akan menscan gambar dan menampikan hasil pencariannya di Google. Contoh mudahnya, anda ke pameran Komputer dan melihat Notebook terbaru dengan prosesor Core2Duo terbaru, cukup ambil foto Logo core2duo dan Bingooo, anda akan mendapakan informasi tentang Core2Duo dari hasil pencarian Google.

     RingDroid
Anda cukup menginstall Ringdroid, tentukan titik awal dan akhir dari potongan lagu mp3 anda dan Save, membuat ringtone selesai. Simple dan mudah.
6.  
         TuneIn Radio
Cukup install aplikasi ini dan anda bisa mendengarkan Radio lewat streaming internet dari Android Anda. Bukan hanya daftar stasiun di indonesia saja yang bisa didengarkan, namun radio dari seluruh dunia bisa anda dengarkan, ada sekitar 44.000 stasiun radio yang bisa anda dengarkan dengan aplikasi ini.

 Google Translate
Tidak banyak penjelasan untuk aplikasi ini, intinya satu, Google translate di HP anda, yang artinya anda menguasai 40-an bahasa dunia dalam sekejap, yang bagus dari aplikasi ini, bisa langsung mentranslate SMS yang anda terima.

8.Youtube
Aplikasi ini anda tidak perlu download, dengan koneksi internet unlimited anda bisa menonton jutaan Video di HP anda.
9.       
  Skype
Anda ingin berkomunikasi jarak jauh ? Gunakan skype for android, berbicara selama berjam jam gratis walaupun orang yang sedang anda hubungi  ada di ujung dunia. (Tentunya teman anda harus menggunakan skype )

Ponsel Android
Dunia ponsel kini punya kelompok baru. Setelah ada smartpphone BlackBerry, iPhone, Symbian, dan Windows Mobile, kini telah hadir ponsel dengan sistem operasi Android. BlackBerry dan iPhone merupakan contoh ponsel dengan sistem operasi tertutup, karena sistemnya hanya bisa dipakai di ponsel mereka saja. Windows Mobile dan Symbian lebih terbuka, karena kedua sistem tersebut dapat digunakan pada berbagai merek ponsel. Namun semua sistem operasi tersebut tidak memungkinkan pengguna ikut-ikutan memodifikasi sistem.
Sistem Android yang baru saja beredar merupakan sistem operasi terbuka. User boleh mengubah-ubah sistem di dalamnya. Berbagai perusahaan ponsel boleh menggunakan sistem tersebut secara gratis. Sistem Android berbasis pada sistem operasi Linux, yang memang bersifat opensource dan gratis. Ponsel berbasis Android misalnya adalah Google Nexus One, HTC Hero, LG GW620, Motorola Milestone, Samsung i5700 Spica, dan Sony Ericsson Xperia X10. Untuk kelas entry level atau merek lokal ada IMO S900, Huawei U8220, dan i-Mobile IE 6010.

Keunggulan HP Android
·         Kecepatan prosesornya lebih tinggi dibanding rata2 ponsel lain. IMO cuma 400 MHz, tapi yang lain2, seperti Samsung 800 MHz dan Nexus One dan Soner Experia sudah memakai 1 GHz SnapDragon. Bandingkan dengan BlackBerry terbaru dan iPhone yang masih memakai prosesor 624 MHz.
·         Rata-rata sudah memiliki layar sentuh, beberapa dilengkapi dengan keyboard, kamera banyak yang sudah 3.2 MP, sudah dilengkapi GPS+Google Maps, dan beberapa sudah memakai layar AMOLED yang lebih bagus dibanding layar OLED.
·         Sistem operasinya dapat diganti-ganti, dan aplikasinya pun tersedia lebih dari 40 ribu di berbagai situs. Situs resmi ada di Google Marketplace. Beberapa ponsel seperti Samsung Spica harus diupgrade ke sistem 2.1 agar dapat diisi Marketplace ini. Aplikasi sejenis ada App Store, Blapk Market, SlideMe, dan sebagainya.

Lirik Fitur Baru Android 2.2 Froyo
Kedengarannya  versi beta dari Android 2.2 (Froyo) sudah siap untuk diuji – dan memiliki beberapa fitur menarik yang kami yakin pengguna Android menyukainya. Versi baru dari sistem operasi ini akan tersedia pada ponsel Nexus One, dan diperkirakan di ponsel Verizon pada akhir Mei – perkiraan saya akan diluncurkan pada hari yang sama dengan acara konferensi Google I/O (19 Mei ).
Versi Android baru akan menampilkan banyak perbaikan bug, serta beberapa tambahan yang cukup signifikan. Fitur-fitur baru akan mencakup:

JIT Compile
 Ini sangat besar. Dengan diaktifkan JIT (Just-in-Time compilation), aplikasi berjalan jauh lebih cepat – 3x lebih cepat. Sebagai tambahan dari perbaikan kecepatan maka durasi pemakaian baterai akan lebih lama.

Update Aplikasi Otomatis
  Untuk kedua pengembang aplikasi, dan pengguna, fitur ini akan membuat perbedaan besar. Sebagai pengembang, anda ingin seluruh basis pengguna menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak Anda – hal ini memberikan kepuasan yang lebih pada pengguna, dan membuat perangkat lunak Anda lebih mudah di support.

Sebagai pengguna, dibutuhkan upaya yang lebih dari yang diperlukan untuk menjaga aplikasi Anda up to date. Jika Anda punya 50 apps besar dengan banyak pengembangan aktif, Anda akan menghabiskan sebagian waktu anda untuk mengupdate software. Ok, hal ini mungkin berlebihan, tapi jelas lebih baik untuk memiliki sistem operasi melakukan hal-hal yang ”berat”.

FM Radio
  Yang ini bagus. Ini seperti memiliki koleksi MP3 raksasa yang Anda bisa dengarkan ketika dalam perjalanan untuk bekerja – tetapi bagaimana jika Anda ingin mendengar acara pagi, atau lokal stasiun radio komunitas Anda untuk terbaru di dunia musik lokal independen? Anda harus mengeluarkan Walkman Anda. Kedengarannya seperti Google akan mengaktifkan radio FM dalam versi terbaru dari Android.

Kernel Linux Baru
  Versi baru hal-hal seperti ini adalah baik untuk beberapa alasan – Keamanan, stabilitas, kinerja, dll. Versi terbaru dari kernel benar-benar menggunakan RAM yang lebih sedikit. Hal ini akan berdampak positif pada ponsel anda.

Peningkatan OpenGL
  Permainan grafis dan kinerja akan ditingkatkan dengan update ke OpenGL yang direncanakan untuk Froyo.

Dukungan Flash 10.1
  Apple telah mengabaikan flash. Google mengambil pendekatan lain, dan memberikan pengguna apa yang mereka sebenarnya inginkan di sini. Orang-orang telah berteriak-teriak meminta dukungan Flash pada perangkat mobile mereka, dan berkat Froyo, mereka akan memilikinya.

Warna Trackball
  Ini bukan fitur yang dibutuhkan, namun Google akan memungkinkan warna pada trackball. Trackball sangat berguna – ini berfungsi sebagai notifier yang sangat berguna. Saya menggunakannya sepanjang waktu tanpa – ketika itu berkedip, berarti saya memiliki email baru. Dengan warna yang ditambahkan, dapat melayani banyak tujuan yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar